Cuaca Panas Saat Ini BMKG Ungkap Analisa Lengkap, Ciputat Catat Rekor! Di Mana Wilayah Terpanas di Asia?

- 25 April 2023, 12:18 WIB
ilustrasi cuaca panas sedang dirasakan sebagian besar wilayah di Indonesia. Inilah penjelasan Kepala BMKG selasa, 25 April 2023 ini.
ilustrasi cuaca panas sedang dirasakan sebagian besar wilayah di Indonesia. Inilah penjelasan Kepala BMKG selasa, 25 April 2023 ini. /Dok/gia/kemkes

YOGYALINE - Cuaca panas dikeluhkan masyarakat di sebagian besar wilayah di Indonesia akhir-akhir ini. Berikut ulasan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati, pada Selasa 25 Maret 2023.

Dari fenomena cuaca panas akhir-akhir ini, suhu maksimum harian terpanas di Indonesia tercatat mencapai 37,2 derajat Celcius di stasiun pengamatan BMKG, yakni di Ciputat pada pekan lalu.

Sementara secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi saat ini berada pada kisaran 34-36 derajat celcius.

Baca Juga: Simak Fenomena Musim Pancaroba! BMKG Yogyakarta Beri Imbauan Begini Pada Bulan Maret - April Ini

Disebutkan pula wilayah Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 C pada 17 April 2023.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati, hari ini Selasa 25 Maret 2023 mengatakan, sejak pekan lalu hingga hari ini, hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau "heatwave".

Badan Meteorologi di negara-negara Asia seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40 derajat Celcius yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Bahkan, lanjut Dwikorita, Badan Meteorologi Cina (CMA) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di China mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamatan instrumen untuk bulan April ini.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x