Angkutan Motis Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Gunakan Tiga Jalur Lintas, Cek Kota - Kota Tujuan dan Jadwal

- 13 April 2023, 14:05 WIB
Inilah informasi mengenai angkutan motis Lebaran Idul Fitri 2023, hingga jalur lintas yang menjangkau kota-kota di Jawa. Inilah ilustrasi pengangkutan motor gratis (Motis) PT KAI.
Inilah informasi mengenai angkutan motis Lebaran Idul Fitri 2023, hingga jalur lintas yang menjangkau kota-kota di Jawa. Inilah ilustrasi pengangkutan motor gratis (Motis) PT KAI. /Antara/Sumarwoto

YOGYALINE - Mudik motor gratis (motis) Lebaran Idul Fitri 2023 menggunakan kereta api cukup menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Inilah informasi mengenai motis, baik soal jadwal atau waktu keberangkatan, hingga cara pendaftaran, serta jalur lintasan kota-kota yang akan dijangkau.

Motis adalah program mudik gratis pemerintah yang memberikan fasilitas pemudik boleh membawa sepeda motor, dengan angkutan terpisah secara gratis.

Program motis dibuka sejak Maret, dan pendafataran motis berlangsung hingga 3 Mei 2023 mendatang. Pendaftaran bisa secara online atau datang ke Posko Motis 2023 di stasiun KA terdekat.

Baca Juga: Cek Diskon Tiket Kereta Sekarang, Tinggal Hitungan Hari Dapat Mudik Kereta Lebih Irit, Ini Jadwalnya!

Posko motis 2023 ini untuk wilayah Daop 6 Yogyakarta berada di Stasiun Purwosari, Solo dan Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Sedangkan pendaftaran melalui online bisa via website mudikgratis.dephub.go.id.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, menjelaskan, angkutan mudik motis diberangkatkan pada 11 April sampai 20 April.

Sedangkan untuk arus balik sesuai jadwal motis berangkat pada 25 April sampai 4 Mei 2023. 

Secara teknis Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KAI PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x