Prof Achmad Charris: Buku Salik & Kebajikan Jadi Inspirasi Kajian untuk Peradaban Baru

- 12 September 2022, 06:34 WIB
KAJIAN ILMU - Gus Salam bersama sejumlah budayawan dan cendekiawan Yogyakarta pada acara Soft Launching Buku Salik & Kebajikan di Hotel Bifa Yogyakarta, Minggu (11/9/2022). (Foto: Yogyaline/Ahmad Suroso)
KAJIAN ILMU - Gus Salam bersama sejumlah budayawan dan cendekiawan Yogyakarta pada acara Soft Launching Buku Salik & Kebajikan di Hotel Bifa Yogyakarta, Minggu (11/9/2022). (Foto: Yogyaline/Ahmad Suroso) /ahmad suroso

 YOGYALINE – Soft launching buku Salik & Kebajikan karya Gus Salam YS mendapat apresiasi luar biasa dari Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM Prof Dr Gunawan Soemodiningrat, Guru Besar Fakultas Filsafat UGM/Budayawan Prof Dr Achmad Charris Zubair SU.

Pada soft launching yang dirangkai dengan talkshow di Hotel Bifa Yogyakarta, Minggu (11/9/2022) itu Prof Gunawan mengaku, setelah membaca buku Salik & Kebajikan ia menemukan hakikat dari pedoman hidup yang dulu diajarkan orangtuanya.

“Dulu, pedoman hidup saya cuma tiga. Yakni harus tahu sangkan paraning dumadi. Lalu, manunggaling kawula lan gusti, dan memayu hayuning bawono,” kata Prof Gun, sapaan Gunawan Soemodiningrat.

Baca Juga: Solo Adakan Festival Blangkon, Libatkan Puluhan Anak Muda

“Setelah saya baca buku Gus Salam ini, ternyata ketiganya ada di buku ini. Buku ini isinya dalam, tapi begitu mudah dipahami. Dengan buku ini pun, saya menemukan ternyata mudah untuk jadi salik. Dan ternyata manusia itu tidak cukup hanya sempurna, tapi juga harus paripurna,” ujar mantan Dirjen Pemberdayaan Sosial Depsos.

Tak jauh berbeda diungkapkan Dr Achmad Charris Zubair. Cendekiawan dan budayawan ini menyebutkan, buku Salik & Kebajikan menjadi inspirasi untuk peradaban baru dunia keilmuan spiritual.

“Dalam dunia science manusia itu ada dimensi fisik atau materialistik dan dimensi spiritual. Buku ini menjawab semuanya tentang dimensi spiritual yang seharusnya ada dalam seseorang. Bagi saya, buku Salik & Kebajikan ini akan menjadi kajian bagi peradaban baru,” kata salah satu Pengurus ICMI Korwil DIY itu.

Baca Juga: Penciran Brankas di Rumah Selebgram Dara Arafah Terungkap, ART Sekongkol dengan Kekasihnya

Sementara pemerhati budaya Jawa dari Kraton Yogyakarta RM Kukuh Hertriasning mengatakan, buku setebal 430 halaman ini sebagai wujud nyata keilmuan Gus Salam tentang agama yang penuh kasih sayang.

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x