Kenali Tujuh Tanda Kanker Prostat Yang Perlu Anda Waspadai

- 28 Agustus 2022, 17:48 WIB
Ilustrasi. Gejala kanker prostat
Ilustrasi. Gejala kanker prostat /jcomp/freepik/

YOGYALINE -  Kanker prostat merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang perlu diwaspadai karena berkaitan dengan organ reproduksi pria. Sering terjadi pada pria dengan angka kematian yang tinggi.

Laporan data Global Burden Cancer (GLOBOCAN)  memperkirakan ada 1.276.10 kasus kanker prostat baru pada 2018, dengan sekitar 358.989 orang meninggal.

Meski begitu, kanker prostat masih mungkin disembuhkan bila terdeteksi lebih dini. Ironisnya, penyakit ini sering terlambat terdiagnosis dan diobati.

Bila mengacu pada American Cancer Society, kanker prostat cenderung lebih sering ditemukan pada pria lansia dan pria berkulit hitam non Hispanik.

Baca Juga: Dieng Culture Festival 2-4 September Siap Digelar, Ini Agenda Spesialnya

Sekitar satu dari delapan pria juga akan terdiagnosis dengan kanker prostat semasa hidup mereka.

"Sekitar enam dari 10 kasus didiagnosis pada pria berusia 65 tahun atau lebih, dan sangat langka pada pria berusia di bawah 40 tahun. Rerata usia pria terdiagnosis kanker prostat adalah 66 tahun," kata American Cancer Society seperti dikutip pmjnews.com dari laman EatThis, Sabtu (27/8/2022).

Meski kanker prostat biasanya tak menunjukkan tanda dan gejala pada stadium awal, ada beberapa ciri-ciri kanker prostat yang perlu Anda ketahui dan waspadai. 

Baca Juga: Prediksi Skor Juventus vs AS Roma, Performa Update, Line Up, dan Link Live Streaming: Roma Beda!

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x