Pekerja Lepas dan Pekerja Kreatif Menjerit, PayPal dan Situs Game Diblokir Kominfo

- 31 Juli 2022, 11:22 WIB
Situs PayPal diblokir Kominfo, para pekerja lepas dan pekerja kreatif pun menjerit.
Situs PayPal diblokir Kominfo, para pekerja lepas dan pekerja kreatif pun menjerit. /Pixabay/Mohamed_hassan/

 

 

YOGYALINE - Para pekerja lepas (freelancer) dan pekerja kreatif menjerit. Pasalnya, situs-situs yang selama ini menjadi sarana untuk menghidupi mereka, diblokir Kementerian Komunikasi dan Infomatika (KemenKominfo).Situs yang diblokir itu antara lain PayPal, Steam, Dota dan Epic Games .

Para pekerja lepas (freelancer), pekerja remote, dan para streamer game digital pun mengecam Kominfo, akibat dari diblokirnya PayPal, Epic Games dan lain-lainnya.

Pemblokiran situs-situs tersebut, sebagai sanksi yang diberlakukan oleh aturan pemerintah terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Warganet ramai-ramai mengeluhkan sumber rezeki mereka yang mengalami hambatan, karena pemblokiran oleh Kominfo tadi.

"Me saving up money from streaming and putting it all in paypal. Paypal proceeds to be blocked in Indonesia. All the hours i've spent making art and stream just easily get thanosed because they wanted to get validation, (Saya menghemat uang dari streaming dan memasukkan semuanya ke paypal. Hasil Paypal diblokir di Indonesia. Semua jam yang saya habiskan untuk membuat seni dan streaming dengan mudah hilang karena mereka ingin mendapatkan validasi)," tutur pemilik akun @Aconite_vt.

Baca Juga: Cek Tayangan Live Indosiar Hari Ini, Ada AFF U-16 BOYS Championship Group Stage: Indonesia vs Filipina

Regulasi mengenai pendaftaran PSE itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi, dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang  Penyelenggaraan Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x