Anak Muda Demam 'Citayam Fashion Week,' Fenomena Apa ini?

- 20 Juli 2022, 13:07 WIB
Citayam Fashion Week masih ramai diperbincangkan.
Citayam Fashion Week masih ramai diperbincangkan. /TikTok @abdulsofiallail. /

 

 

YOGYALINE - Kalangan anak-anak muda saat ini sedang dihebohkan dengan “Demam Citayam” atau Citayam Fashion Week.  Isu yang menyedot perhatian publik, terutama komunitas anak muda. Apa itu fenomena Citayam Fashion Week?

Berawal dari sekelompok anak muda yang berasal dari Depok, Citayam dan Bojong Gede. Mereka ramai-ramai turun di jalanan, di kawasan bisnis dan perkantoran di jalan Sudirman, Jakarta.

Anak-anak muda itu menjadikan jalanan itu sebagai area publik untuk unjuk berekspresi. Lalu, muncullah ide kegiatan Citayam Fashion Week yang sekarang dikenal luas oleh publik.

Sebagai bagian dari kegiatan fashion jalanan, apakah kemunculan Citayam Fashion Week ini bisa dikatakan ekspresi anak muda atau fenomena budaya musiman?

Baca Juga: Yogyakarta Prakarsai Lomba Mendongeng Pelajar SD

Menurut sosiolog UGM, Derajat Sulistyo Widhyarto, S.Sos., M.Si., kemunculan Citayam Fashion Week sebagai bagian pembentukan budaya baru yang dilakukan oleh anak muda sehingga perlu diapresiasi.

 “Salah satu karakter kaum muda adalah pencipta budaya dan kebudayaan youth culture. Fenomena Citayam mempunyai efek budaya dari kebudayaan tersebut,” katanya, Rabu, 20 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x