Lomba Borobudur Marathon Akan Terapkan Sistem Acak

- 14 Juli 2022, 22:13 WIB
Candi Borobudur.
Candi Borobudur. /Pixabay/Qwertyvied/

 

YOGYALINE - Ajang lomba lari bergengsi Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng akan digelar lagi.  Kali ini lomba marathon itu akan  menerapkan sistem ballot atau pemilihan peserta melalui sistem acak.

Menurut Panitia Pelaksana Borobudur Marathon 2022, Budhi Sarwiadi, Rabu 13 Juli 2022,  “Program ballot diterapkan untuk kategori half marathon, bertujuan agar semua calon peserta mendapat kesempatan sama ikut berlari.”

Ajang Tilik Candi dilaksanakan tanggal 13 November 2022. “Kegiatan ini adalah salah satu program yang dibuka untuk umum, selain program Friendship Run kategori 5K yang diselenggarakan di empat kota yakni Semarang, Jakarta, Medan, dan Makassar,” ungkap Budhi.

Baca Juga: Pemda DIY Pasang Rambu Larang Penggunaan Skuter Listrik di Malioboro

Sedangkan pendaftaran ballot Tilik Candi, kata Budhi dibuka 4-18 Juli 2022 hanya melalui aplikasi My Borobudur Marathon.

Peserta yang lolos ballot akan diumumkan pada tanggal 24-31 Juli 2022 dan harus membayar sebesar Rp575.000.

Ia menjelaskan, sistem ballot bukan hal baru dalam ajang marathon.

Sejumlah ajang marathon dunia, terutama marathon yang diburu banyak pelari dunia, seperti World Marathon Majors (WMM) memberlakukan sistem tersebut.

Borobudur Marathon yang tahun ini mengangkat tema "Stronger to Victory" akan dilaksanakan pada 12-13 November 2022 di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Selain program Tilik Candi dengan kategori half marathon, kategori lainnya terdiri atas kategori maraton khusus untuk atlet, kategori 10K khusus untuk runner muda, dan friendship run yang dibuka untuk pelari umum.

Menurut Budhi, ajang sport tourism Borobudur Marathon dapat semakin maksimal untuk menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat di Jawa Tengah yang mulai bangkit setelah dua tahun terakhir ini belum bisa diikuti oleh peserta umum secara masif. Tahun ini Borobudur Marathon mentargetkan peserta hingga 5.000 pelari. ***

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x