Presiden Jokowi Tahan Harga Pertalite Tak Naik

- 11 Juli 2022, 14:32 WIB
Presiden Jokowi tahan harga Pertalite tidak naik.
Presiden Jokowi tahan harga Pertalite tidak naik. /Biro Sekretariat Presiden.

 

YOGYALINE - Presiden Joko Widodo(Jokowi) menyatakan, akan berusaha menahan harga BBM bersubsidi, salah satunya Pertalite agar tidak mengalami kenaikan.

Ie menegaskan, seharusnya Pertalite sudah menembus angka Rp17.000, tetapi pemerintah menahannya di angka Rp7.650.

"Negara kita masih tahan untuk tidak menaikkan yang namanya Pertalite. Negara lain yang namanya bensin sudah di angka Rp31.000/liter," ujarnya dikutip  dari akun Youtube Sekretariat Negara pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Baca Juga: ACT Diduga Pangkas 10-20 Persen dari Donasi Rp 60 Milyar Tiap Bulannya

Meskipun begitu,Jokowi mengaku tak bisa memastikan sampai kapan situasi tersebut akan berlangsung.

Jika dana APBN masih bisa dipertahankan, maka subsidi Pertalite masih bisa terus berjalan. Tetapi jika APBN akhirnya tidak sanggup lagi, maka ada kemungkinan berdampak pada harga Pertalite.

Sementara itu PT Pertamina bermaksud menaikan harga BBM nonsubsidi pada awal Juli 2022. BBM yang yang mengalami kenaikan adalah Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Kenaikan harga BBM nonsubsidi i tersebut telah tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x