Kawasan di Banyumas Ini Ditata Dengan Anggaran Rp 13,2 Miliar, Banyak Cagar Budaya Bisa Dinikmati

- 3 Januari 2024, 17:58 WIB
Menteri PUPR bersama Andy F Noya menaiki Dokar berkeliling di kawasan Kota Lama Banyumas.
Menteri PUPR bersama Andy F Noya menaiki Dokar berkeliling di kawasan Kota Lama Banyumas. /HUMAS PEMKAB

YOGYALINE - Kawasan Kota Lama Banyumas, Jawa Tengah merupakan wilayah yang menjadi salah satu fokus penataan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk menata kawasan tersebut anggaran dikucurkan sebesar Rp 13,2 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2023.

Kawasan Kota Lama Banyumas menjadi perhatian untuk dilakukan penataan, termasuk revitalisasi sejumlah kawasan prioritas dalam beberapa segmen. Menurut pihak Kementerian PUPR, salah satu tujuan penataan ini dalam rangka turut melestarikan cagar budaya yang ada di Kota Lama Banyumas itu.

Kini proyek penataan Kota Lama Banyumas telah selesai. Diharapkan di waktu ke depan akan menunjang pengembangan sektor kepariwisataan di daerah tersebut.

Baca Juga: Pengerjaan Jalan Tol Jogja - Bawen Seksi 1 Capai 59 Persen, Ada Cagar Budaya Akan Dipindah, Ini Target Selesai

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memanfaatkan waktu libur Tahun Baru, Senin 1 Januari 2024 lalu dengan meninjau progres penataan kawasan Kota Lama Banyumas, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penataan Kota Lama Banyumas sesuai kontrak mulai dikerjakan pada 20 Juni 2023 dan telah selesai 100 persen pada 28 Desember 2023.

Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan rampaungnya penataan kawasan tersebut maka langkah selanjutnya, kawasan Kota Lama Banyumas ini harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung industri kreatif guna menghidupkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyumas. 

"Kementerian PUPR sesuai tugasnya membantu revitalisasi fisiknya, tetapi event-nya, kreativitasnya juga harus dikembangkan, sehingga menjadi kawasan wisata yang bisa mewadahi berbagai kegiatan masyarakat. Saya minta Pak Andy F Noya sebagai warga Banyumas untuk bisa membantu," kata Menteri Basuki. 

Kegiatan penataan Kota Lama Banyumas dipusatkan pada area prioritas yang terbagi menjadi tiga segmen, yakni Segmen I area permukiman seluas 0,66 Ha, Segmen II area kompleks Pendopo Lama/Kecamatan Banyumas seluas 0,66 Ha, dan Segmen III kawasan Alun-alun Banyumas seluas 2,5 Ha.

Anggaran penataan bersumber dari APBN TA 2023 senilai Rp13,2 miliar yang di antaranya digunakan untuk pembangunan pedestrian, peningkatan jalan dan drainase, street furniture, dan mekanikal elektrikal. 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x