Dampak Erupsi Merapi pada 11 Maret 2023, Magelang Hujan Abu, Warga Diminta Menjauh hingga Radius 7 Km

- 11 Maret 2023, 16:40 WIB
foto erupsi Gunung Merapi pada Sabtu 11 Maret 2023 siang, hingga berdampak hujan abu di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah, termasuk Magelang dan kabupaten sekitar.
foto erupsi Gunung Merapi pada Sabtu 11 Maret 2023 siang, hingga berdampak hujan abu di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah, termasuk Magelang dan kabupaten sekitar. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Dampak semburan abu vulkanik Gunung Merapi mengakibatkan hujan abu di berbagai wilayah sekitar, baik di wilayah Sleman, Kabupaten Magelang, dan kabupaten sekitar.

Hingga Sabtu 11 Maret 2023 sore, abu turun cukup tebal di sejumlah daerah. Bahkan menurut informasi terkini dan rekaman yang disampaikan kepada Yogyaline.com, menunjukkan abu cukup tebal dan membuat aktivitas warga terganggu.

Untuk wilayah terdekat dengan semburan abu vulkanik, suasana sore mirip pagi-pagi buta. Warga harus menyalakan senter atau lampu penerang lainnya untuk melintas di sekitar lingkungannya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Lusa Senin 13 Maret 2023, Cinta, Keuangan, Karier

Sementara di wilayah Magelang dan sekitarnya, abu juga cukup menggangu aktivitas warga terutama yang berlalu lintas di jalan raya. Mobil-mobil melambatkan laju kendaraannya karena kaca-kaca terkena hujan abu.

Disamping itu rumah-rumah warga juga berbalut abu dari semburan abu vulkanik Gunung Merapi yang mengalami erupsi pada 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB.

Diketahui Gunung Merapi di perbatasan Jateng - DI Yogyakarta (DIY) memuntahkan awan panas pada Sabtu siang ini 11 Maret pukul 12.12 WIB.

Keterangan resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan luncurkan awan panas Merapi mengarah Kali Bebeng/Krasak.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x