Rokok Vape Berbahaya bagi Jantung, Ini Alasannya

- 2 Januari 2023, 21:56 WIB
Ilustrasi rokok elektrik.
Ilustrasi rokok elektrik. /Pixabay/sarahjohnson1/

 

YOGYALINE - Para pemakai rokok elektrik atau vape (e-rokok), diminta untuk waspada. Sebab, berdasar dua studi terbaru, vape berbahaya bagi kesehatan jantung.

Jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology dari American Heart Association menerbitkan dua studi terbaru itu, bahwa vaping memengaruhi pembuluh darah dan kesehatan jantung.

Pada kedua studi, satu penelitian dilakukan pada manusia, sedangkan yang lainnya pada tikus.

Menurut kedua studi tersebut, menghirup zat asing dari komponen spesifik uap rokok elektrik atau asap rokok nampaknya memiliki efek buruk.

"Ribuan bahan kimia telah diidentifikasi dalam asap tembakau, beberapa di antaranya juga terdapat dalam aerosol rokok elektrik, baik sebagai bahan asli atau sebagai produk reaksi kimia dari proses pemanasan," ujar Dr Matthew L. Springer, Peneliti dan profesor kardiologi University of San Francisco.

Baca Juga: Mak Ganjar Terjang Banjir di Semarang, Bagi Sembako

Dia juga mengatakan, peneliti berusaha menemukan komponen asap atau uap rokok elektrik yang mungkin bertanggung jawab dalam mengganggu kemampuan pembuluh darah untuk berfungsi secara efisien.

Dalam studi berbasis tikus, Springer dan timnya memaparkan hasil uji coba tikus pada empat jenis asap rokok tradisional serta dua jenis gas dan nanopartikel karbon terkait dengan rokok elektrik.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x