Seandainya PDIP-NasDem Jagokan Ganjar Pranowo, Ganjar : Kata Siapa?

- 22 Agustus 2022, 13:52 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menumpang dalam satu mobil saat di Solo, Minggu 7 Agustus 2022.
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menumpang dalam satu mobil saat di Solo, Minggu 7 Agustus 2022. /A.Purwoko/Yogyaline.com/prmn

 

YOGYALINE - Hari ini, Senin, 22 Agustus 2022, elit PDIP dipimpin Puan Maharani mengadakan silaturahmi politik dengan elit Partai NasDem pimpinan Surya Paloh.

Partai NasDem pernah secara terbuka mencalonkan 3 tokoh untuk capres dalam Pemilu 2024, salah satunya Ganjar Pranowo. Seandainya pertemuan elit PDIP dan NasDem itu memproyeksikan Ganjar Pranowo sebagai Capres, apa komentar Ganjar?

"Kata siapa? Ya enggak gimana-gimana, mudah-mudahan semuanya sehat," kata Ganjar diplomatis.

"Itu kan kesimpulanmu," katanya menegaskan, ketika didesak apa tanggapan Ganjar Pranowo terkait kemungkinan diusung PDIP dan NasDem.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun membantah pertemuan PDIP dengan NasDem karena Ganjar Pranowo direkomendasikan jadi salah satu capres NasDem. Dia mengaku, kunjungan PDIP karena jarak kantor NasDem yang dekat.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Mulai Bicara Ajak Tolak Politik Identitas, Sinyal...

Ganjar Pranowo hanya menyatakan, rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai NasDem merupakan representatif pimpinan partai.

"Boleh, bertemu dengan siapa saja boleh. (Itu) representatif para pimpinan partai lah," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin, 22 Agustus 2022, di Purwokerto.

Yang penting, tambah dia, "Semua sehat, rukun, makmur, bangsa ini bekerja."

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya mengakui, pertemuan PDIP dengan Nasdem membahas antara lain konsolidasi jelang Pemilu 2024, tanpa merinci apa yang domaksud dengan konsolidasi itu.

"Nah tentu saja sebagai pimpinan parpol akan membahas berbagai persoalan bangsa dan negara," kata Hasto usai joging bersama media di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (21/8).

"Dan juga terutama langkah-langkah konsolidasi menjelang pilpres 2024," kata Hasto.

Baca Juga: Kenali Tiga Gelaja Stroke Yang Sering Tidak Disadari Penderitanya

Sementara itu, hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin unggul dari bakal capres lainnya menjelang kontestasi Pilpres 2024.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat memaparkan hasil survei yang bertajuk "Kecenderungan Elektabilitas Calon Presiden", seperti dikutip dalam siaran persnya, Minggu (21/8).

Menurut dia, dalam pertanyaan terbuka atau "top of mind", di mana responden menyebutkan nama calon presiden yang mereka dukung secara spontan, Ganjar menempati urutan pertama dengan dukungan 17,6 persen.

Disusul Prabowo Subianto 12,6 persen, Joko Widodo 12,5 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen.

"Masih ada 32,4 persen warga yang belum menyebutkan nama calon pada pertanyaan terbuka ini," ujarnya. ***
 

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x