Pemerintah Kota Yogya Jamas Pusaka Keraton Kyai Wijaya Mukti, Untuk Apa?

- 4 Agustus 2022, 16:44 WIB
Jamasan Tombak Kyai Wijaya Mukti di Pemerintah Kota Yogyakarta. (foto Pemkot Yogyakarta)
Jamasan Tombak Kyai Wijaya Mukti di Pemerintah Kota Yogyakarta. (foto Pemkot Yogyakarta) /krisno wibowo/

 

YOGYALINE - Yogyakarta sebagai Kota Budaya, patut untuk terus dirawat dan diuri-uri . Salah satunya adalah dengan agenda menggelar jamasa pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti.

Pusaka ini sudah berusia sangat tua, karena dibuat pada tahun 1921, sebagai pemberian dari Keraton Yogyakarta atau Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Acara ini sebagai wujud upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan di wilayah Kota Yogyakarta," jelas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetty Martanti, di halaman Balaikota Yogyakarta, Kamis (4/8/2022).

Yetty menambahkan,, "Prosesi jamasan ini, pusaka dibersihkan dengan bahan-bahan yang baik, dengan harapan meski usia pusaka sudah 101 tahun, kondisi tombak ini tetap prima," bebernya.

Pusaka ini, mencerminkan ungkapan kepercayaan Ngarsa Dalem kepada pemerintah Kota Yogyakarta.

Yakni, terkait bagaimana Pemkot Yogya ini memberi kebaikan kepada warga Yogyakarta, seperti makna dari nama pusaka tersebut.

Baca Juga: Gus Samsudin Laporkan Pesulap Merah ke Polda Jatim, Ini Tudingannya

"Sehingga, kepercayaan yang sudah diberikan ini harus mampu diwujudkan dalam bentuk nyata. Terutama dalam mengemban tugas, serta membawa kemajuan bagi kota, maupun kesejahteraan bagi warganya," tegas Pejabat Walikota Yogyakarta,Sumadi.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x