Anda Merasa Sering Cemas, Tak Percaya Diri? Ini Solusi dari Dosen UGM

- 15 Juli 2022, 17:47 WIB
Kampus UGM.
Kampus UGM. /ugm.ac.id

 

YOGYALINE - Anda merasa insecure, yakni tidak percaya diri, punya perasan tidak mampu, disertai perasaan ketidakpastian dan kecemasan akan tujuan, dan kemampuan maupun hubungana dengan orang lain? Ini ada tips dan solusi dari dosen Fakultas Psikologi UGM, Acintya Ratna Priwati SPsi MA.

Ratna menjelaskan, insecurity ini bisa muncul dalam berbagai bentuk yang secara umum, terkait dengan perasaan ditolak, tidak dicintai, merasa terisolasi dan lainnya.

Perasaan tersebut dapat muncul karena secara alami manusia telah terbiasa membandingkan diri, memberikan penilaian, maupun mengevaluasi diri. “Salah satunya karena pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan,” ungkapnya, Rabu, 13 Juli 2022.

Pengalaman tersebut bisa berupa komentar negatif dari orang yang dianggap penting ataupun melihat pengelaman orang lain yang kurang menyenangkan. Kondisi itu menjadikan seseorang ingin menghindari perilaku tersebut dan menyesuaikan perilaku.

 "Peristiwa ini terekam dalam memori tidak sadar dan membentuk pola perilaku tertentu pada diri kita maupun orang lain (critical inner voices)," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Periksa Saksi Pencabulan Libatkan Mantan Pejabat PDAM Solo

Faktor lainnya adalah berada dalam situasi yang melibatkan kecemasan sosial. Misalnya, terlibat dalam aktivitas yang dijalani bersama orang lain sehingga orang lain memperhatikan diri kita maupun sebaliknya diri kita berpusat kepada orang lain. Hal itu menyebabkan munculnya pemikiran membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

 "Insecure ini juga timbul karena kepercayaan diri yang tidak tinggi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x