Situs Warungboto, Kemegahan Istana Air Peninggalan Sri Sultan HB 2

- 13 Juli 2022, 15:41 WIB
Situs Warungboto di Jalan Veteran, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Foto pariwisata.jogjakota.go.id
Situs Warungboto di Jalan Veteran, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Foto pariwisata.jogjakota.go.id /

YOGYALINE - Siapa sangka situs bangunan yang dulunya hanya reruntuhan dan puing bangunan yang terbengkalai, kini bisa menjadi bangunan yang elok. Keunikan bangunannya akan membuat pengunjung terpikat.

Terletak di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Situs Warungboto merupakan situs cagar budaya yang telah dibuka menjadi salah satu destinasi wisata sejarah.

Situs Warungboto yang memiliki nama asli Pesanggrahan Rejowinangun memiliki konstruksi arsitektur bangunan menyerupai dengan Istana Air Tamansari.

Baca Juga: Ada CCTV hingga Pojok Selfie di Pasar Potrojayan Prambanan yang Diluncurkan Selasa 12 Juli 2022

Ditemukannya sebuah mata air yang disebut "tuk umbul" memberi petunjuk bahwa fungsi Pesanggrahan Warungboto juga merupakan tempat mandi keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dikutip dari laman pariwisata.jogjakota.go.id, pesanggrahan Warungboto yang saat ini telah menjadi situs cagar budaya, dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II ketika menjadi putra mahkota pada periode tahun 1765-1792.

Pesanggrahan ini dibangun pada dua sisi yaitu barat dan timur, menghadap Sungai Gajah Wong. Layaknya tempat beristirahat bagi keluarga kerajaan.

Pesanggrahan Warungboto atau Pesanggrahan rejowinangun dilengkapi dengan taman, segaran, kolam, dan kebun di sisi timur. Sementara di sisi barat merupakan kompleks bangunan berkamar dan dua kolam pemandian.

Baca Juga: Lowongan Kerja PT Panasonic Dibuka Hari Ini, Cek Syarat dan Link Pendaftaran di Sini

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x