Lapangan Golf hingga Bangunan Senilai Rp2 Triliun Milik Besan Setya Novanto Disita Satgas BLBI

- 23 Juni 2022, 07:58 WIB
Satgas BLBI melakukan penyitaan aset salah satu obligor di Bogor, Jawa Barat.
Satgas BLBI melakukan penyitaan aset salah satu obligor di Bogor, Jawa Barat. /Instagram/@mohmahfudmd/

YOGYALINE - Aset senilai sekitar Rp2 triliun disita Satgas BLBI dari obligor PT Bank Asia Pasific atas nama Setiawan Harjono dan Hendrawan Haryono dan pihak terafiliasi.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memimpin tindakan penyitaan aset obligor BLBI tersebut, Rabu 22 Juni.

Bersama Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI), Tim menyita aset obligor yang merupakan besan Setya Novanto, Setiawan Harjono.

Baca Juga: Cek Pengumuman SBMPTN LTMPT 2022 Kamis Sore Ini, Berikut Caranya

"Hari ini, saya memimpin penyitaan oleh Satgas BLBI atas aset yang terkait dengan obligor PT Bank Asia Pacific, atas nama Setiawan Harjono dan Hendrawan Haryono, dan pihak terafiliasi. Nilai asetnya sekitar Rp2 triliun," ujar Mahfud MD, Rabu, 22 Juni 2022.

"Bentuk asetnya tanah dan bangunan berikut lapangan golf dan fasilitasnya, dua bangunan hotel, dan lain-lain di atas lahan seluas 89, 01 Hektare, di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, atas nama PT Bogor Raya Development, PT Asia Pacific Permai, dan PT Bogor Raya Estatindo," tuturnya menambahkan.

Mahfud MD mengungkapkan selama ini Satgas BLBI tampak dipkasa untuk menunda-nunda penagihan utang ini.

Pasalnya, setiap ditagih, para obligor dan debitur selalu mengelak dengan berbagai alasan, mulai dari salah hitung sampai tagihannya berbeda.

"Selama ini, kita sepertinya dipaksa untuk menunda-nunda penagihan utang BLBI itu. Pasalnya, setiap ditagih, para obligor/debitur itu selalu mengelak dengan berbagai alasan: ada yang berdalih hitungannya salah, ada yang berdalih besarnya tagihan berbeda-beda antara BPK, BPKP, dan DJKN," katanya.

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x