Kawasan Pariwisata Borobudur Terus Bersolek, Pemerintah Kucurkan Dana Rp2,27 Triliun

- 21 Juni 2022, 21:48 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berencana jadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha dunia
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berencana jadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha dunia //Pexels/Tomas

YOGYALINE - Kawasan pariwisata Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, terus bersolek. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelontorkan dana sebesar Rp2,27 triliun ke kawasan pariwisata Borobudur, Jawa Tengah, dalam dua tahun anggaran sejak 2020.

Dukungan dana tersebut sebagai bentuk dukungan Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Seperti dikutip dari Antara, secara keseluruhan, ada 42 paket pekerjaan yang dibangun di kawasan tersebut. Item pekerjaan itu mulai infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, dan perumahan.

Baca Juga: Gibran Diplomatis Jawab Wacana Maju Pilgub 2024

Proyek-proyek tersebut sejalan dengan upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site).

Dari 42 paket pengerjaan itu, terdapat 25 kegiatan yang telah selesai, 16 kegiatan tengah berlangsung (on going) dan 1 kegiatan dalam persiapan.

Baca Juga: Kampung Siaga Bencana Mbangun Raharjo Sleman Dikukuhkan, Komunitas Difabel pun Dilibatkan

"Intinya kami ingin menata dan meningkatkan kualitas kawasan Borobudur ini dengan sebaik-baiknya sesuai prinsip-prinsip pelestarian situs pusaka dunia yang berkelanjutan," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.(***)

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x