Revitalisasi Keraton Surakarta Segera Dikerjakan, Ini Bangunan yang Jadi Prioritas

- 5 Januari 2023, 11:07 WIB
Bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat. Dalam waktu dekat segera dilakukan revitalisasi, dengan sejumlah prioritas bangunan yang jadi sasaran.
Bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat. Dalam waktu dekat segera dilakukan revitalisasi, dengan sejumlah prioritas bangunan yang jadi sasaran. /Antara/Aris Wasita

YOGYALINE - Bangunan Keraton Surakarta dalam waktu dekat akan direvitalisasi. Pemerintah daerah segera membentuk tim untuk melakukan pendataan bagian apa saja yang perlu dikerjakan.

Mengenai desain tetap menyesuaikan bangunan bersejarah yang sudah ada. Hanya saja ada prioritas-prioritas, termasuk bangunan yang ada di dalam keraton.

Inilah bangunan yang jadi prioritas revitalisasi di Keraton Surakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Kerja Kerasmu Saatnya Panen, Cinta, Keuangan Melejit! Ramalan Shio Ular di Tahun Kelinci Air 2023

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat meminta revitalisasi bangunan peninggalan sejarah tersebut segera dikerjakan oleh pemerintah daerah.

Adik Paku Buwono XIII, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari di Solo, Rabu 4 Januari 2023 berharap agar revitalisasi dapat dilakukan secepatnya.

"(Kalau bisa) Minggu ini, bangunan kan sudah ada," katanya.

Mengenai desain, dikatakannya, akan menyinkronkan dengan yang ada. Ia juga meminta agar Pemkot Surakarta segera membentuk tim kecil untuk menyiapkan apa saja yang perlu direvitalisasi.

"Kalau bisa (isi tim kecil) putra-putri Sinuwun (PB) XII dan XIII. Siapa bisa kerja apa. Sinuwun memang pimpinannya, dawuh-nya (perintah) harus sinkron, kalau nggak pas ya kami sinkronkan," katanya dikutip dari Antara.

Ia mengatakan untuk revitalisasi prioritas pertama yang ada di dalam keraton, salah satunya bangunan Songgo Buwono. Ia berharap niatan untuk revitalisasi tersebut dapat segera terlaksana.

Baca Juga: Zodiak Lusa Sabtu 7 Januari 2023, Cinta Aries Ragu, Keuangan Coba Berpikir, Karier Merasa Sulit

Terkait hal itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan dalam hal ini pemerintah daerah menunggu perintah dari PB XIII. Meski demikian, ia belum bisa memastikan apakah revitalisasi dapat dilakukan pada tahun ini.

"(Untuk tahun ini) APBD sudah diketok, APBN sudah dikunci, CSR sudah saya kunci. (Pihak Keraton) bisa menerima karena mekanisme anggaran kan seperti itu. Tapi yang namanya orang mau bantu itu banyak, ditunggu saja," katanya.

Mengenai pembentukan tim kecil, dikatakannya, akan melibatkan seluruh kubu yang sebelumnya sempat berkonflik, keluarga besar Keraton Surakarta, dan cagar budaya.

Baca Juga: Kabar Terbaru Indra Bekti sang Istri Aldilla Jelita Curhat ke Netizen Akan Terus Berjuang

"Saya ingin prosesnya cepat, kayak Mangkunegaran. Masterplan saya pegang udah, pembiayaan seperti apa sudah, terus dibangun," katanya.***

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x