Update Kasus Saksi Tindak Pidana Korupsi Dibakar, Polrestabes Semarang Ultimatum Pelaku Serahkan Diri

- 16 September 2022, 18:40 WIB
Tim gabungan Polda Jateng dan Polrestabes Semarang dibantu relawan saat menangani kasus tewasnya Iwan Budi PNS Bapenda Semarang yang hilang. Foto: Media Purwodadi
Tim gabungan Polda Jateng dan Polrestabes Semarang dibantu relawan saat menangani kasus tewasnya Iwan Budi PNS Bapenda Semarang yang hilang. Foto: Media Purwodadi /Wahyu Prabowo

YOGYALINE - Penanganan kasus tewasnya saksi perkara dugaan korupsi, ASN di Kota Semarang yang ditemukan hangus terbakar menemukan titik terang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan kasus tewasnya saksi kasus korupsi di Semarang, yakni Iwan Budi Paulus diduga kuat karena pembunuhan.

Bahkan polisi menyatakan dalam penanganan kasus saksi korupsi, seorang ASN yang dibakar itu telah mengerucut pada siapa pelaku tindak pidana pembunuhan itu.

Baca Juga: Kelompok Bjorka Seorang Pria di Madiun Ditangkap Timsus, Ini Perannya dalam Peretasan di Indonesia

Polisi memberikan ultimatum kepada pelaku untuk menyerahkan diri.

"Sudah mengerucut ke pelaku, oleh karena itu kami minta pelaku untuk menyerahkan diri," kata Irwan di Semarang, Jateng, Jumat, 16 September 2022.

Menurut dia, polisi menyelidiki kemungkinan penyebab tewasnya Iwan Budi bukan dilatarbelakangi oleh kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah.

"Kemungkinan ada persoalan lain selain masalah korupsi, juga masih terbuka," ucapnya menduga.

Namun pengungkapan kasus itu tetap didasarkan atas pemeriksaan para saksi dan alat bukti yang sudah dikumpulkan.

Baca Juga: Daftar HP Oppo Terbaru pada 16 September 2022, Beragam Varian Oppo Jadi Favorit dari Harga Rp 1 Jutaan

Ia menjelaskan terdapat 24 saksi yang sudah diperiksa dan dikelompokkan berdasarkan kemungkinan penyebab terjadinya pembunuhan.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar belum bersedia menjelaskan secara detil kemungkinan motif yang melatarbelakangi tewasnya Iwan Budi.

Iwan Budi sendiri jasadnya ditemukan hangus terbakar di kawasan Marina, Kota Semarang.

Jasad korban ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 8 September 2022.

Bersama dengan jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Budi tersebut ditemukan pula komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Budi Paulus.

Iwan Budi dilaporkan hilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi sertifikasi aset.

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x