Lomba Panjat Pinang di Yogyakarta, Perkuat Gotong-royong

- 22 Agustus 2022, 10:03 WIB
Panjat pinang, lomba menyambut HUT RI ke 77 yang meriah di Yogyakarta, penuh makna persatuan.
Panjat pinang, lomba menyambut HUT RI ke 77 yang meriah di Yogyakarta, penuh makna persatuan. /

 

YOGYALINE - Ada banyak cara merayakan HUT RI ke 77 lalu, tetapi yang paling gayeng adalah lomba panjat pinang. Lomba ini selalu menimbulkan suasana tawa ria, lucu, dan penuh sorak-sorai.

Meski dalam suasana penuh kegembiraan, tetapi lomba ini memliki makna yang dalam. Seperti disampaikan Harnowo Adi, ketua panitia HUT RI di Blunyahrejo, Tegalrejo, Yogyakarta, yang juga mengadakan lomba panjat pinang.

“Lomba ini mengajarakan kita bahwa kesuksesan dalam meraih prestasi tidak bisa kita lakukan secara individu, namun harus bekerjasama secara tim, dan mengedepankan kekompakan kelompok”, katanya, Sabtu malam, 20 Agustus 2022.

Harnowo Adi juga mengungkapkan, dipilihnya lomba panjat pinang karena lomba ini memiliki filosofi yang sesuai dengan kemerdekaan RI, yakni kerjasama dan gotong royong.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Mulai Bicara Ajak Tolak Politik Identitas, Sinyal...

Lomba ini, menurut Nowo, juga memiliki muatan pelestarian kearifan budaya jawa.

 “Meskipun saat ini era teknologi informasi sudah sangat maju dan modern, namun permainan tradisional harus terus dilestarikan serta dijaga dari generasi ke generasi” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini mampu memelihara dan memperkuat jalinan silaturahim antar warga, serta menumbuhkan solidaritas, sportivitas, dan menghapuskan sekat-sekat perbedaan.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x