Waspada! Banjir Rob Akan Terjang Pesisir Selatan Jawa Hari Ini dan Rabu Besok

- 26 Juli 2022, 11:29 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi di salah satu dermaga pelabuhan di Banten Selatan
Ilustrasi gelombang tinggi di salah satu dermaga pelabuhan di Banten Selatan /Pexels/George Desipris

YOGYALINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga waspada potensi banjir rob di kawasan pesisir selatan Jawa pada hari ini Selasa (26/7/22) sampai besok Rabu (27/7/22).

Potensi terjadinya banjir rob ini disebabkan oleh fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin hingga 46 km per jam di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo memaparkan, selain banjir rob, fenomena fase bulan baru bisa menyebabkan gelombang tinggi hingga 6 meter.

Baca Juga: Autopsi Ulang Jenazah Brigader Josua, Tim Mabes Polri ke Jambi

“Adanya fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang konsisten hingga 46 km/jam menyebabkan gelombang tinggi mencapai 4.0 – 6.0 meter yang dapat memberikan dampak terhadap potensi banjir pesisir di wilayah tersebut,” tutur Eko dalam siaran persnya, Senin (25/7/22).

Eko mengatakan ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun kondisi tersebut secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Baca Juga: Baim Wong Minta Maaf dan Lepaskan Merek Citayam Fashion Week Yang Didaftarkannya

Hal tersebut berdasarkan analisis dan prediksi pasang surut serta adanya potensi angin kencang dan gelombang tinggi.

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x