1000 Hari Pertama Kehidupan Seorang Anak , Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

- 4 April 2023, 21:34 WIB
Ilustrasi bayi. Illustrasi. 1000 hari pertama kehamilan yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak.
Ilustrasi bayi. Illustrasi. 1000 hari pertama kehamilan yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. /Pixabay/Rene Asmussen/

 

YOGYALINE - Kita harus tahu penting nya 1000 hari pertama kehidupan seorang anak karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

“Sebenarnya, tumbuh kembang anak dimulai sejak 1000 hari pertama sejak dalam kandungan ( sekitar 9 bulan atau 40 minggu ) ditambah sekitar 2 tahun pertama kehidupan kita” kata Prof. dr Madarina Julia, MPH, PhD, Sp.AK, Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr Sardjito. Namun selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa tumbuh kembang anak dihitung sejak dilahirkan. Tapi penelitian terakhir tumbuh kembang anak sebenarnya dimulai sejak dari terjadinya pembuahan.

“Tumbuh kembang anak yang sehat itu adalah penambahan berat badan, lingkar kepala dan volume otak.” Kata Dr Soedjatmiko, Sp A (K), MSI, Ketua Divisi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Departemen Ilmu Kesehatan, RSCM Jakarta.

Penambahan lingkar kepala itu penting, karena berhubungan dengan volume otak dan tingkat kecerdasan. Kalau penambahan lingkar kepalanya terlalu cepat harus hati hati, karena kedua kondisi ini dapat menunjukan adanya gangguan gerak, bicara, kecerdasan dan perilaku secara umum.

Baca Juga: MItos atau Fakta Extra Virgin Olive Oil Bahaya buat Masak

Untuk mendapatkan anak yang sehat, ada 9 pesan yang bisa disampaikan 1000 HPK yang dapat membentuk generasi berkualitas adalah,

1. Selama hamil makan makanan beraneka ragam

Kebutuhan gizi selama kehamilan mengalami peningkatan dibandingkan saat tidak hamil. Karena saat hamil janin sepenuhnya menggantungkan segala kebutuhan dan penyelenggaraan fungsi tubuhnya kepada sang ibu yang mengandungnya.

Halaman:

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x