Brasil Tanpa Neymar dan Danilo Hadapi Swiss di Grup G Piala Dunia 2022 Malam Ini

- 28 November 2022, 09:05 WIB
 Dua pemain andalan Brasil, Neymar dan Danilo dikabarkan akan melewatkan dua tersebut lantaran mengalami cedera saat kemenangan 2-0 atas Serbia. /REUTERS/Molly Darlington
Dua pemain andalan Brasil, Neymar dan Danilo dikabarkan akan melewatkan dua tersebut lantaran mengalami cedera saat kemenangan 2-0 atas Serbia. /REUTERS/Molly Darlington /

YOGYALINE - Brasil akan melakoni laga penentuan kelolosan mereka ke babak 16 besar saat menghadapi Swiss di babak penyisihan grup G Piala Dunia 2022, Senin malam ini.

Namun Brazil menghadapi Swiss tanpa Neymar, yang absen karena cedera pergelangan kaki saat menang 2-0 atas Serbia pada laga pembuka.

Juara dunia lima kali itu juga tidak akan diperkuat bek sayap Danilo yang juga cedera pergelangan kaki saat melawan Serbia.

Baca Juga: ZODIAK CINTA HARI INI SENIN 29 NOVEMBER 2022, Aries Makin Tenang, Gemini Belajar Banyak, Leo Sedang Berpikir

Itu jelas menjadi pukulan untuk misi juara Piala Dunia keenam. Tetapi Brasil masih akan mengandalkan talenta-talenta barunya.

Swiss sendiri bukan tim yang mudah ditekuk. Mereka juga telah meraih poin 3 berkat kemenangannya melawan Kamerun pada laga pertama.

Dengan situasi demikian, dipastikan Swiss juga akan memperlebar asa bisa segerea mengamankan tiket 16 besar dengan meraih poin dari laga melawan Brasil.

Neymar sangat penting bagi Brasil dalam dua putaran final Piala Dunia sampai membuat pemain-pemain lainnya kehilangan sorotan.

Namun baru-baru ini bakat-bakat muda Brazil menyeruak di mana-mana, termasuk Vinicius Jr dan Richarlison yang boleh dibilang menjadi dua pemain terbaik saat menang meyakinkan atas Serbia.

Pelatih Tite memiliki banyak opsi untuk pengganti Neymar setelah sang pemain berjuang agar fit untuk babak gugur setelah rusak ligamen pergelangan kaki kanan yang mengganggunya selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Helikopter Milik Polri Lost Contact Setelah Diterpa Cuaca Buruk: Satu Heli Berhasil Mendarat

Rodrygo akan menjadi opsi pertama jika Tite memutuskan menggunakan sistem yang sama dengan empat pemain depan bersama Vinicius, Richarlison dan Raphinha.

Penyerang serba bisa berusia 21 tahun itu bermain dalam posisi Neymar dalam tiga pertandingan latihan Brasil di Turin sebelum Piala Dunia ini digelar.

Pilihan lainnya adalah memasangkan Fred dengan Casemiro untuk memperkuat lini tengah yang saat bersamaan memajukan posisi Lucas Paqueta sebagai playmaker.

Namun, tanda tanya terbesar adalah mengenai pengganti Danilo karena bek veteran berusia 39 tahun Dani Alves menjadi satu-satunya bek kanan yang tersedia.

Tite mungkin memasang bek tengah Real Madrid Eder Militao sebagai pengganti Danilo.

Sementara itu pelatih Swiss Murat Yakin telah mengubah orientasi skuadnya yang sebelum ini bertumpu kepada lima bek menjadi empat bek.

Yakin senang kemenangan 1-0 atas Kamerun membuat timnya mencatat clean sheet kedua dalam 10 pertandingan terakhirnya.

Baca Juga: Jelang Penataan Dapil - Inilah Perolehan Kursi DPRD Sleman Pemilu 2019: Dari 6 Dapil PDIP Juara Raih 15 Kursi

Mereka hanya sekali kebobolan dalam enam kualifikasi terakhir setelah Euro 2020, Jadi tidak ada keraguan mereka bakal menyulitkan Brazil seperti mereka lakukan pada Piala Dunia 2018 ketika mereka mengimbangi Brazil 1-1.

Kemenangan 1-0 atas Kamerun juga membuat Swiss mencatat kemenangan keempat berturut-turut yang bisa membuat Brazil khawatir.

Prakiraan line up:

Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Casemiro, Fred, Lucas Paqueta; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior

Swiss (4-3-3): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow; Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Ruben Vargas

Prediksi skor Brasil vs Swiss: 2-1

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x