Unjuk Rasa Ribuan Dokter dan Perawat, Cak Imin Minta Tunda Pengesahan

- 6 Juni 2023, 11:23 WIB
Demo nakes terkait RUU Kesehatan.
Demo nakes terkait RUU Kesehatan. /Pikiran Rakyat/Oktaviani

YOGYALINE Ribuan dokter dan perawat dari lima organisasi profesi kembali menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI Jakarta, Senin 5 Juni 2023.

Lima organisasi dokter dan perawat yang berunjuk rasa ini adalah anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Mereka menuntut agar DPR agar menghentikan pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law. Bahkan, apabila RUU tersebut masih dibahas maka tenaga kesehatan (Nakes) yang berasal dari lima organisasi profesi medis dan kesehatan mengancam menggelar aksi mogok kerja.

Baca Juga: Kampung Purbayan, Kota Gede Jadi Desa Wisata Kelas Dunia, Kenali Potensinya, Yuk

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Muhaimin Iskandar menilai Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan Omnibus Law yang kini dibahas DPR bersama Pemerintah masih mengandung kontroversi yang cukup serius.

"Kontroversi tersebut terkait dua hal. Pertama, RUU ini akan mengganggu objektivitas dan memangkas kewenangan organisasi profesi, dan kedua terkait dengan aspirasi masyarakat yang tidak menginginkan sentralisasi manajemen kesehatan," urai pria yang biasa disapa akrab Cak Imin.

Cak Imin mendorong DPR terutama Komisi IX DPR RI dan juga pemerintah agar tidak tergesa-gesa mengesahkan RUU Kesehatan Omnibus Law. Menurutnya substansi RUU tersebut harus dibicarakan secara tuntas dan bebas kontroversi.

Halaman:

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x