Tanggal 29 Mei Ada Momen Peringatan Hari Apa? Simak Agenda Puncak HLUN 2023 di Dharmasraya

- 29 Mei 2023, 07:45 WIB
Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tanggal 29 Mei
Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tanggal 29 Mei /Kemenkes

YOGYALINE – Tanggal 29 Mei ada peringatan apa? Tanggal 29 Mei adalah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), dimana  kali ini puncak Hari Lansia Nasional 2023 dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat, hari ini.

Mengusung tema 'Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat' Peringatan Hari Lansia merupakan upaya untuk mengangkat derajat lansia sebagai potensi bagi negara dan bukan sebagai beban.

Melalui peringatan ini diharapkan mampu menjadi pengingat bahwa negara dan masyarakat Indonesia hadir memberikan perhatian kepada lanjut usia yang dalam beberapa kasus termarginalkan. 

Baca Juga: Hari Libur Nasional 2023: Kapan yang Terdekat? Cuti Bersama 2023 Berapa Hari?

Kemensos menurunkan seluruh unit teknis di seluruh Indonesia untuk bersama-sama merayakan HLUN di 11 kecamatan dan satu titik acara puncak di Ibukota Kabupaten Dharmasraya.

"Rangkaian HLUN sudah dimulai pada awal bulan Mei, di antaranya adalah asesmen komprehensif untuk menemukenali masalah dan potensi yang dimiliki lansia di Dharmasraya," kata Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Romal Uli Jaya Sinaga, Jumat, 26 Mei 2023.

Selain pemenuhan sipil, lansia di 11 kecamatan di Dharmasraya akan mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti operasi katarak dan pemeriksaan kesehatan dasar, misalnya gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat.

Selain itu bantuan sosial melalui berbagai program juga akan digelontorkan. Salah satunya adalah Program Pemberdayaan Ekonomi Lansia dimana lansia potensial akan diberikan modal pengembangan usaha. 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x