Inilah Wilayah Jalur Tol Probowangi Jadi Fokus Pembebasan Lahan, Cek Progres Tahap Pertama, Kapan Selesai?

- 6 Maret 2023, 17:43 WIB
ilustrasi jalan tol.  Inilah wilayah yang jadi fokus tahap pembebasan lahan, termasuk ganti rugi lahan dalam proyek tol Probolinggo – Banyuwangi, yang merupakan potongan terakhir dari bentangan tol Trans Jawa itu.
ilustrasi jalan tol. Inilah wilayah yang jadi fokus tahap pembebasan lahan, termasuk ganti rugi lahan dalam proyek tol Probolinggo – Banyuwangi, yang merupakan potongan terakhir dari bentangan tol Trans Jawa itu. /Taufik Rohman/kabar-priangan.com/prmn

YOGYALINE - Peta rute tol dari Anyer Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur sudah ditetapkan. Inilah wilayah yang jadi fokus tahap pembebasan lahan, termasuk ganti rugi lahan dalam proyek tol Probolinggo – Banyuwangi, yang merupakan potongan terakhir dari bentangan tol Trans Jawa itu.

Seperti diketahui pembangunan jalan tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) telah dimulai yang ditandai dengan ground breaking pada Februari 2023 lalu.

Sesuai perencanaan, pembangunan tol terebut akan dilanjutkan pada pengerjaan fisik, baik konstruksi tol hingga fasilitas pendukung lain.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Kapal Pelni KM Ciremai Bulan Maret–April 2023, Lengkap Semua Rute

Namun demikian, sebagai bagian dari tahapan pembangunan tol tersebut, terdapat satu tahapan yang jadi fokus perhatian pasca peresmian tanda dimulainya pengerjaan jalur tol tersebut, yakni soal pembebasan lahan termasuk penyelesaian ganti rugi lahan kepada masyarakat.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR bersama Pemerintah Daerah telah memegang data wilayah yang dilintasi jalur tol Probolinggo – Bayuwangi, yang kemudian akan dilakukan pentahapan untuk penuntasannya.

Wilayah mana saja yang terdampak tol Probolinggo – Banyuwangi dan segera dilakukan pembebasan lahan itu? Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol Probolinggo - Banyuwangi difokuskan pada tahap pertama yakni ruas Probolinggo - Besuki sepanjang 49,68 km.

Dengan pembebasan lahan yang berjalan sesuai target, maka pengerjaan konstruksi jalan tol Probolinggo - Banyuwangi tahap pertama ruas Probolinggo - Besuki dapat selesai pada akhir tahun 2024.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x