Inilah Rencana Wujud Jembatan Terpanjang di Indonesia: Tiga Kali Panjang Suramadu, Sebagian Berfungsi Jadi Tol

- 31 Januari 2023, 21:39 WIB
Maket, jembatan Batam-Bintan yang bakal menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Batam-Bintan memiliki senumlah keunikan, ini fakta-faktanya..
Maket, jembatan Batam-Bintan yang bakal menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Batam-Bintan memiliki senumlah keunikan, ini fakta-faktanya.. /yogyaline.com/kementerian PUPR/

YOGYALINE -Apa nama jembatan terpanjang di Indonesia saat ini? Berapa panjangnya? Inilah jembatan terpanjang yang bakal dibangun, lengkap dengan fakta-faktanya.

Jembatan terpanjang di Indonesia segera digarap oleh pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian PUPR. Jembatan terpanjang yang direncanakan itu adalah Jembatan Batam-Bintan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Jembatan Batam-Bintan yang nantinya akan tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia itu memiliki panjang 14,74 kilometer.

Sebagai pembanding, jembatan terpanjang di Indonesia saat ini adalah Jembatan Suramadu dengan panjang 5,43 Km.

Baca Juga: Jadwal TV Moji TV hari ini, Selasa 31 Januari 2023: Ada Proliga 2023 hingga Bola Voli Liga Turki

Yang lebih spektakuler, sebagian jembatan ini juga difungsikan sebagai jalan tol.

Rencananya jembatan dengan total panjang 14,74 Km ini akan terbagi menjadi dua, sepanjang 7,68 Km jembatan dan 7,06 Km jalan tol.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna dalam RDP dengan Komisi V DPR pada Selasa (24/1/2023), proyek tersebut saat ini memasuki tahap finalisasi final business case (FBC).

Selanjutnya dilakukan, penandatanganan MoU atas pembagian tugas dan tanggung jawab antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x