Tiga Rancangan Penataan Dapil Kabupaten Sleman Panen Tanggapan, Ini Wilayah Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

- 15 Desember 2022, 12:10 WIB
Uji publik tentang rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Sleman, yang diselenggarakan oleh KPU Sleman pada 8 Desember 2022.
Uji publik tentang rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Sleman, yang diselenggarakan oleh KPU Sleman pada 8 Desember 2022. /yogyaline.com/kpu sleman/

YOGYALINE - Tiga rancangan Penataan Dapil Pemilu 2024 dan alokasi kursi DPRD Sleman masih terus diuji publik oleh KPU Kabupaten Sleman.

Menghadapi Pemilu 2024 mendatang, KPU Sleman menyusun tiga rancangan dalam penataan Dapil termasuk distribusi alokasi kursi DPRD Sleman yang berjumlah 50 orang itu.

Dari tiga rancangan Dapil yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Sleman ITU, rancangan 1 merupakan Dapil Pemilu Tahun 2019, dua rancangan Dapil yang lain merupakan usulan baru.

Baca Juga: Rian Ernest Mundur dari PSI, Pernah Gagal Calonkan Wali Kota dan Tetap Ingin Berkarir di Politik

KPU Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan uji publik terakhir kali bertempat di Ruang Amartapura Plenary Hall, The Alana Hotel Yogyakarta pada Kamis 8 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta rapat yang terdiri dari perwakilan pemerintah daerah, partai politik tingkat Kabupaten Sleman, Bawaslu Kabupaten Sleman, pemantau pemilu, akademisi, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Trapsi Haryadi, Ketua KPU Kabupaten Sleman dalam sambutannya menjelaskan tahapan Pemilu 2024 yang kini dilalui, termasuk memperkenalkan maskot Pemilu 2024 “Sura dan Sulu” yang merupakan akronim dari “Suara Rakyat, Suara Pemilu”.

Selanjutnya Noor Aan Muhlishoh, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sleman. Noor Aan Muhlishoh menjelaskan perihal  regulasi penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Sleman.

“Prinsip penataan Dapil dan alokasi kursi tercantum pada Pasal 185 UU No.7 Tahun 2017 dan Pasal 2 PKPU No. 6 Tahun 2022”.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x