Pura Mangkunegaran Dipilih sebagai Tempat Resepsi Kaesang-Erina, Ini Alasannya

- 9 Desember 2022, 22:07 WIB
Pura Mangkunegaran dipilih sebagai tempat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, karena bernilai sejarah.
Pura Mangkunegaran dipilih sebagai tempat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, karena bernilai sejarah. /

 

YOGYALINE - Pernikahan yang meriah tetapi sakral akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo. Putera bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, akan menggelar resepsi di Pura Mangkunegaran tersebut.  

Resepsi pernikahan dan acara tasyakuran yang menyedot perhatian publik itu akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022.

Pura Mangkunegaran sebagai kerajaan Mataram Islam, dipilih karena memiliki nilai sejarah di kota Solo tersebut. 

Peristiwa pernikahan itu juga akan memberi pesan bahwa Pura Mangkunegaran siap untuk diakses wisatawan. Silakan wisatawan untuk berkunjung ke bangunan kerajaan bersejarah tersebut.

Baca Juga: Polisi : Kematian 4 Bersaudara di Kalideres Dianggap Wajar

Dalam berbagai literatur disebutkan bahwa garis besar isi Perjanjian Giyanti 1755 itu membagi Mataram Islam menjadi dua wilayah. Yakni, Kasunanan Surakarta dibawah Pakubuwono III dan Kesultanan Yogyakarta dibawah kepemimpinan Pangeran Mangkubumi bergelar Hamengkubuwono I.

Jadi, antara Keraton Surakarta (Kesunanan) dan Mangkunegaran tidaklah sama. Secara politik Kadipaten berada di bawah kesunanan (Surakarta) maupun Kesultanan (Yogyakarta).

Pada tahun 1757-1946, Kadipaten Mangkunegaran merupakan kerajaan otonom yang memiliki wilayah luas sekaligus memiliki tentara terpisah dari Kesunanan.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x