Survei SMRC Agustus 2022; Siapa Calon Presiden dari PDIP? Nama Ganjar Pranowo Lampaui Puan Maharani

- 16 September 2022, 10:11 WIB
Ganjar Pranowo berdialog kepada duta genre dalam sebuah forum yang diselenggarakan di Yogyakarta, Minggu 21 Agustus 2022 malam.
Ganjar Pranowo berdialog kepada duta genre dalam sebuah forum yang diselenggarakan di Yogyakarta, Minggu 21 Agustus 2022 malam. /Yogyaline.com/humas Prov Jateng/

YOGYALINE - Siapa calon presiden PDIP 2024? Itulah yang menjadi tajuk survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) selama Agustus 2022. Inilah hasilnya.

Partai Demokrasi Iindonesia Perjuangan (PDI-P) kemungkinan besar akan menang dalam kontestasi Pilpres 2024 bila mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres).

Ganjar paling unggul dan paling kompetitif sebagai Capres PDIP apabila dibandingkan dengan calon lain, termasuk Puan Maharani.

Baca Juga: Zodiak Karier Besok Sabtu 17 September 2022, Ada Sesuatu Keberuntung Scorpio, Capricorn, Pisces

"Data ini menunjukkan bahwa jika yang dicalonkan PDIP adalah Ganjar, harapan bagi PDIP untuk memenangkan Pilpres 2024 dan kembali memiliki presiden menjadi terbuka," kata pendiri SMRC Prof. Saiful Mujani.

Saiful menjelaskan berdasarkan format survei semi terbuka pada Maret 2021 sampai Agustus 2022, pergerakan suara Puan tidak signifikan, dari 0,5 persen menjadi 1 persen.

 Sementara Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8 persen menjadi 25,5 persen. Prabowo dari 20 persen menjadi 16,7 persen, dan Anies Baswedan dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Menurut Saiful, kalau kondisinya seperti sekarang, berat bagi PDIP untuk mencalonkan Puan. Pasalnya, kalau Puan bersaing dengan Prabowo dan Anies, data survei menunjukkan Puan tertinggal jauh dan tidak kompetitif.

“Persaingan itu (Puan melawan Prabowo atau Anies) tidak fair karena gapnya terlalu jauh. Kalau Puan harus maju dan PDIP memiliki target untuk menang, maka tantangannya akan sangat berat,” tegas Saiful.

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x