Yanma Polri Unit Apa itu? Berikut 8 Tugas Pokok Yanma yang Kerap Disebut Ketika Ada Mutasi

- 23 Agustus 2022, 20:15 WIB
Ilustrasi Mabes Polri. Ada 24 Nama Anggota Polri yang Dimutasi ke Yanma Terkait Kasus Meninggalnya Brigadir J
Ilustrasi Mabes Polri. Ada 24 Nama Anggota Polri yang Dimutasi ke Yanma Terkait Kasus Meninggalnya Brigadir J /PMJ News/

YOGYALINE - Apa itu Yanma Polri? Biro ataupun Unit Yanma Polri kerap disebut-sebut menjadi tempat mutasi anggota kepolisian ketika gerbong mutasi dilakukan oleh pimpinan Polri.

Tak terkecuali pada mutasi terbaru terhadap 24 anggota Polri berdasarkan surat telegram Kapolri tertanggal 22 Agustus 2022 yang dimutasi ke Yanma Polri.

Di antara mutasi terhadap 24 anggota itu, di antaranya dicopot dari jabatannya karena terkait dengan rekomendasi Itsus dalam penanganan kasus Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam.

Baca Juga: Kapolri Mutasi dan Copot Jabatan 24 Personel Terkait Kasus Brigadir J: Ini Nama-namanya

Apa Itu Unit Yanma Polri? Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2017, Yanma Polri adalah unsur pelayanan yang bertugas menyelenggarakan berbagai fungsi. 

Salah satu fungsi Yanma Polri adalah pembinaan dan pelayanan umum dan urusan di lingkungan Mabes Polri seperti fasilitas markas. 

Yanma merupakan unsur pelayanan yang setingkat dengan staf atau biro. 

Yanma juga terdapat di tiap daerah pada tingkat Polda, yakni Yanma Polda, yang memiliki tugas sama, tetapi berada dalam lingkup tugas yang lebih kecil.

Yanma biasanya dipimpin oleh Polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dari unsur Perwira Pertama (Pama).

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x