Ganjar Pranowo Gelar Gamelan Kolosal di Hari Jadi ke 72 Jawa Tengah

- 14 Agustus 2022, 16:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. /Pemprov Jateng/

 

 

YOGYALINE - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan kepeduliannya yang besar pada pelestarian seni tradisi di wilayahnya.

Ini dibuktikan dengan digelarnya pertujukan seni tradisional jaranan dan gending-gending jawa saat memeriahkan acara Hari Jadi ke 72 Provinsi Jawa Tengah.

Pertunjukan seni tradisional Jawa bertajuk Gamelan Kolosal itu  digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu, 14 Agustus 2022.

Gamelan Kolosal itu ditampilkan 30 kelompok gamelan dan kuda lumping, yang terdiri atas 1.050 seniman jaranan dan pengrawit dari berbagai desa di Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo sendiri tidak dapat menghadiri acara kolosal itu, karena sedang berada di Jakarta. Ia menyampaikan permohonan maaf lewat rkaman video.

"Saya mohon maaf, seharusnya saya hadir dan saya memang sudah menantikan lama acara ini, tapi terpaksa saya mengikuti secara daring karena harus mengikuti acara bersama Pakk Presiden di Jakarta," kata Ganjar.

Ganjar tetap menyaksikan secara penuh dan merasa bangga atas kemeriahan acara yang disajikan ribuan seniman tradisional bersama masyarakat, dengan menari bersama.

"Betapa meriahnya acara ini, kesenian tradisional tampil dengan beragam pernak-pernik yang disajikan. Ada kuda lumping, ada karawitan, dan ada juga penampilan budaya dari berbagai daerah yang dibawakan adik-adik mahasiswa. Saya lihat semuanya semangat dan bergembira, bangga pokoknya," ujar Ganjar.

Baca Juga: Hujan Deras, Pemain Sepakbola Asal Sukabumi Meninggal Tersambar Petir
 

Pertunjukan yang tidak biasa itu membuat ribuan masyarakat yang mengikuti kegiatan hari bebas dari kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan tersebut, turut mengabadikan momen dengan kamera ponsel masing-masing.

Tak hanya menyaksikan, masyarakat juga ikut menari bersama penari jaranan, sehingga menjadi sebuah pertunjukan flashmob Tari Jaranan di kawasan Simpang Lima.

Salah seorang seniman dari Kelompok Setyo Langen Budoyo Wonosobo Yusuf Arifin sangat mengapresiasi kegiatan Gamelan Kolosal tersebut dan berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman:

Editor: Krisno Wibowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x