Berjalan Kaki Setelah Makan Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah!

- 10 Agustus 2022, 11:33 WIB
ilustrasi aktivitas jalan kaki seusai makan, dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. (foto: yogyaline/roso)
ilustrasi aktivitas jalan kaki seusai makan, dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. (foto: yogyaline/roso) /

YOGYALINE – Saat kenyang seusai makan, kebanyakan orang lebih suka berdiam di tempat duduk dibandingkan bergerak. Alasannya umumnya untuk memberi kesempatan makanan “turun” dari lambung.

Banyak pula orang yang menganggap bahwa jalan kaki setelah makan bisa membuat sakit perut. Padahal berjalan kaki setelah makan nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Sejumlah penelitian di berbagai belahan dunia telah membuktikan manfaatnya bagi tubuh Anda. Salah satunya dapat mengendalikan kadar gula darah.

Hal ini dapat membantu menangkal komplikasi seperti diabetes tipe 2. direkomendasikan berjalan selama 60 hingga 90 menit untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Duh, Istri Ferdy Sambo Alami Trauma, LPSK Sebut Tak Perlu Lagi Layanan Psikolog

Seperti dilansir portal pmj.com dari laman The New York Times, Rabu (10/8/2022), peneliti dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine melihat hasil dari tujuh penelitian yang membandingkan efek duduk versus berdiri atau berjalan pada ukuran kesehatan jantung, termasuk insulin dan kadar gula darah.

Mereka menemukan bahwa berjalan ringan setelah makan, sedikitnya dua hingga lima menit, memiliki dampak signifikan dalam memoderasi kadar gula darah. Penelitian ini memperkuat temuan dari dua penelitian sebelumnya.

Sebuah studi pada 2016 terhadap mereka yang menderita diabetes tipe-2 menemukan bahwa berjalan selama 10 menit setelah setiap makan membantu menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan selama setengah jam di waktu lain dalam sehari.

Baca Juga: Pagi-pagi Mata Bengkak, Hotman Paris Dilarikan ke UGD di Jakarta

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x