7-8 Agustus 2022 Puasa Tasua dan Asyura, Simak Tata Cara, Niat dan Keutamaannya

- 5 Agustus 2022, 11:23 WIB
Ilustrasi puasa sunnah. Niat Puasa Sunnah Tasua dan Asyura
Ilustrasi puasa sunnah. Niat Puasa Sunnah Tasua dan Asyura // Mohamed_hassan/ Pixabay

 

YOGYALINE - Pada bulan Muharram, umat muslim dianjurkan banyak melakukan kebaikan, termasuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa di bulan Muharram menjadi ibadah sunnah yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

Dari sini diketahui, dalam bulan Muharram semakin banyak berpuasa maka semakin baik. Bisa puasa sehari, dua hari, tiga hari, atau bahkan sepanjang Muharram apabila memang tidak memberatkan.

Di luar itu, hari-hari bulan Muharram yang lebih utama untuk dipuasai berdasarkan hadits dan penjelasan ulama adalah 10 hari pertama Muharram.

Baca Juga: Bayaran Lesty Kejora Sekali Manggung Bisa Dapat Rumah Mewah

Termasuk di dalamnya puasa Tasua dan Asyura. Lantas, kapan puasa Tasua dan Asyura 2022 Masehi atau Muharram 1444 Hijriyah?

Dikutip Yogyaline.com dari laman NU Online, Kamis, 4 Agustus 2022, puasa Tasua dan Asyura ini adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram, bertepatan pada tanggal 7-8 Agustus 2022 dalam kalender Masehi.

Adapun tata cara puasa Muharram secara teknis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama, niat di hati. Niat puasa Muharram, baik secara umum maupun khusus puasa 10 hari awal Muharram, puasa Tasua, puasa Asyura, dan puasa 11 Muharram.

Halaman:

Editor: Ahmad Suroso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x